5 Tempat Wisata Anti Mainstream di Pulau Lombok

/
0 Comments

Wisata-wisata di Lombok sekarang sedang berkembang dan tidak heran banyak tempat wisata baru bermunculan di sekitaran pulau Lombok. Pesona alam yang ditawarkan tidaklah biasa, membuat para wisatawan terpukau dan berdecak kagum melihat nya. Tidak heran para wisatawan tertarik untuk balik lagi ke Lombok untuk menikmati ke indahan alam nya.


Banyak nya wisata di Lombok mugkin membuat anda bingung memilih destinasi wisata, anda mungkin ingin wisata yang tidak banyak dikunjungi oleh beberapa orang dan tempat wisata yang tidak biasa di Pulau Lombok. Berikut ini wisata-wisata anti-mainstream menurut saya yang berada di Pulau Lombok, semoga membantu kalian para wisatawan yang ingin berlibur ke Lombok 😊


1. Pantai Nambung


Pantai Nambung ini terletak di Dusun Pengantap, Desa Buwun Emas, Kecamatan Sekotong, Lombok Barat, NTB. Dari Kota Mataram, perjalanan dapat ditempuh dengan menggunakan mobil maupun sepeda motor selama kira-kira sekitar dua jam perjalanan. 

Pantai ini menawarkan keindahan yang tidak biasa diberikan oleh pantai-pantai seperti biasa nya. Di pantai ini anda bisa menemukan air terjun air asin pantai ini, air terjun ini dinamakan air terjun Tanjung Jagog. Lokasi air terjun ini berada di pojok/ujung dari pantai nambung, cukup dengan berjalan kaki para wisatawan bisa menjangkau tempat tersebut. Meski jarak tempuh ke lokasi tidak terlalu jauh. Namun pengunjung harus melewati hamparan pasir seperti butiran merica yang membuat kaki terasa berat melangkah. Demikian juga saat melewati bebatuan, pengunjung diharapkan hati-hati karena cukup rawan. Selain berjalan kaki, ada alternatif lain untuk bisa mencapai lokasi. Pengunjung dapat menyewa perahu milik nelayan setempat untuk mencapai lokasi air terjun.



Jika pantai sedang surut, di balik tebing bebatuan di ujung pantai Nambung terdapat kolam alami yang terletak di tengah-tengah jajaran batu karang. Disanalah lokasi 'air terjun' asin berada. Buih ombak yang menerjang karang, membentuk aliran air di antara bebatuan sehingga terbentuk sebuah air terjun asin. Pesona inilah yang selalu ditunggu setiap wisatawan yang datang ketempat eksotis ini.


2. Taman Wisata Alam Gunung Tunak


Taman Wisata Alam ini terlekat di Desa Mertak, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. Pesona yang diberikan di taman wisata ini tidak hanya keindahan lautan lepas tetapi disini wisatawan bisa menikmati indah nya bukit dan lautan lepas secara bersamaan. 


Memasuki taman wisata alam ini wisatawan akan langsung di sambut dengan hutan yang segar, dibutuhkan waktu sekitar 20-25 menit dari gapura pintu masuk hingga kawasan tebing dan pantai jika menggunakan motor. Seperti yang saya katakan sebelum ny taman wisata ini tidak hanya memperlihatkan pesona pantai nya, wisatawan juga bisa menikmati dan memanjakan mata nya dengan pesona hamparan bukit hijau, pasir putih pantai dan karang besar di tengah lautan besar yang berbentuk penyu. Jika kalian menyukai tempat wisata yang dengan kombinasi pantai dengan lautan lepas dan juga hamparan bukit hijau yang luas saya rekomandasikan untuk datang ke tempat ini. Tempat ini juga dikatakan sebagai surga di pojok selatan pulau lombok 😊


3. Air Terjun Mangku Kodek 


Air Terjun Mangku Kodek ini adalah salah satu dari 3 air terjun yang berada di Dusun Sajang, Desa Sajang, Sembalun, Lombok Timur. Lokasi air terjun ini berbarengan dengan air terjun Mangku Kuda Sembrani dan air terjun Mangku Sakti. Yang berbeda dari air terjun ini adalah tempat nya yang dipojok tebing-tebing tinggi sehingga kelihatan nya seperti air terjun yang tersembunyi. 


Untuk perjalanan ketempat wisata ini membutuhkan waktu hingga 3,5 - 4 Jam dari kota Mataram, lumayan jauh jadi persiapkan lah bekal makanan dan bensin full apabila anda akan kesana walaupun disana nanti ada nya pedagang yang menjual makanan buat jaga-jaga apabila anda kelaparan di tengah jalan 😋. Tebing - tebing yang mengapit air terjun ini sangat lah eksotis, selama perjalanan kesana dari awal setelah pintu masuk sekitar 100 - 150 meter tidak lah jauh. Selama perjalanan kesana anda akan berbasah-basahan karena akan melewati aliran air dari air terjun ini, kedalaman dari air terjun tidak lah dalam sekitar pinggang dari orang dewasa. Air terjun ini tidaklah tinggi hanya sekitar 3 meter tetapi tempat nya yang eksotis menjadi ke unikan nya.


4. Pohon Purba Sambelie 


Bila anda pernah menonton film-film Jurasic Park yang hutan-hutan nya dipenuhi dengan pohon-pohon yang menjulang tinggi ataupun menonton di discovery channel seperti apa hutan amazon yang ditumbuhi pohon-pohon yang menjulang tinggi, apabila anda ke tempat ini anda akan merasakan seperti apa yang anda pernah tonton tersebut. Pohon purba ini terletak di dusun Menanggabaris, desa Gunung Malang, Pringgabaya, Lombok Timur. Di tempat wisata ini ada ratusan pohon berdiri tegak dan menjulang tinggi di hutan ini. Pohon tersebut bernama Lian. Pohon Lian adalah sejenis pohon purba. Pohon ini dilindungi oleh undang-undang dan tidak boleh ditebang. Di atas lahan ini juga tidak boleh dilakukan pembangunan fisik yang dapat mengancam eksistensi pohon purba ini. 


Di tempat wisata ini anda dimanjakan dengan pohon-pohon besar dan menjulang tinggi dan disekitar nya disediakan gazebo untuk beristirahat dan juga untuk menikmati pohon-pohon ini. Komplek wisata ini lumayan luas dan berada tepat dipinggir jalan sehingga gampang ditemukan. Butuh waktu sekitar 2,5 - 3 jam dari kota Mataram untuk sampai ke tempat ini. 


5. Bukit Selong Sembalun



Bukit Selong ini terletak di lereng Gunung Rinjani tepat ny di Desa Bukit Beleq, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur. Berdampingan dengan Bukit Anak Dara yang mempunyai ketinggian 2000 mdpl bukit ini termasuk pendek dan mudah untuk di daki. Setelah anda mencapai puncak yang kurang lebih dalam waktu 5 menit anda bisa capai dari tempat parkir kendaraan. *bentar banget ya 😁 para wisatawan disana langsung di manjakan dengan pemandangan yang hijau nan eksotis, bukit-bukit hijau yang berdampingan, pekarangan sawah yang membentang luas layak nya permadani dari bukit-bukit tersebut.


Selain berdampingan dengan Bukit Anak Dara, Bukit Selong ini berdampingan juga dengan komplek desa adat yang bernama Desa Adat Beleq, ketika anda akan menaiki bukit ini dan menengok kesebelah kiri anda akan melihat desa adat ini. Sebelum memasuki kawasan Bukit Selong ini anda akan disambut dengan hutan Bambu yang lebat dan juga seperti nya terawat sehingga enak di pandang. Waktu yang di tempuh dari kota Mataram untuk dapat ke tempat ini sekitar 3,5 - 4 Jam, lumayan lama karena harus mengitari lereng Gunung Rinjani terlebih dahulu.



Dan itulah beberapa wisata anti-mainstream menurut yang berada di Pulau Lombok, alasan saya memilihnya karena masih banyak yang belum mengunjungi tempat ini mungkin karena jarang yang mengetahui tempat wisata ini dan juga tempat nya yang lumayan jauh dari Kota. Semoga tulisan ini dapat membantu anda menentukan tempat wisata anda di Pulau Lombok.

Don't Forget to Keep Clean That Place !  Don't make yourself become scum !



You may also like

Tidak ada komentar: